Kwagean Kita

Manasik Haji oleh Romo KH. Abdul hannan ma’sum

لبّيك اللهمّ لبّيك…  لبّك لاشريك لك لبّيك.. إنّ الحمد والنّعمة لك والملك لا شريك لك

Gema talbiyah berkumandang di bumi kwagean. Acara Bimbingan Manasik Haji dan Umroh dibuka dengan bacaan talbiyah sebanyak 3x di pimpin langsung oleh beliau  Romo Kyai Abdul Hannan Ma’sum dan di tirukan serentak oleh seluruh santri kwagean, baik putra maupun putri. Tepatnya, pada senin malam tanggal 23 september 2019. Kegiatan rutin tahunan ini, nantinya akan diakan selama 3 malam, yaitu tanggal 23-25 september.

Ibadah haji adalah ibadah yang sangat berbeda dengan ibadah-ibadah lain dalam pelaksanaannya. Oleh karenanya tata cara ibadah haji mulai dari perjalanan, rukun, dan sunah-sunahnya sangatlah penting untuk di pelajari dan difahami, agar ibadah haji yang kita lakukan sesuai dengan yang di atur oleh syaria’at.

Mengingat hal yang demikian itu maka pondok Pesantren Fathul Ulum mengadakan bimbingan Manasik haji dan Umroh pada setiap tahunnya. Karena, masih banyak di kalangan jama’ah haji kita kususnya, dan kaum muslimin pada umumnya, berangkat menunaikan ibadah haji tanpa di bekali ilmu yang cukup serta pembimbing yang sungguh-sungguh menguasai permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan ibadah haji.

Romo Kyai Abdul Hannan Ma’sum selaku pembimbing acara tersebut, pada malam pertama menjelaskan berbagai hal, dari cara melilitkan kain ihram pada badan muhrim (orang yang ihram), melempar jumrah, thowaf, hingga sa’i. dan nantinya pada malam selanjutnya, akan di peragakan oleh beberapa santri.

untuk mempermudah penjelasan kepada para santri. Penyelenggara acara (Majroh Fathul Falah) telah menyiapkan Beberapa alat peraga, Seperti Ka’bah mini, Maqam Ibrahim, dan Hijr Ismail. Juga Beberapa tempat lainnya seperti tempat melempar jumrah.

Bimbingan manasik haji ini, Selain untuk mengenalkan kepada para santri bagaimana ibadah haji diwujudkan, acara ini juga sebagai bekal bagi mereka yang mendambakan berkunjung ke baitullah.

(Kaiffa.)  

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Close